Create Your Own Creative Wallpaper

Pada postingan kali ini saya mau berbagi tentang cara membuat Wallpaper dari hasil foto sendiri ketimbang kita 'ambil' dari internet, ada satu kepuasan tersendiri jika itu adalah hasil karya kita sendiri. Bahan baku yang saya gunakan untuk membuat Wallpaper ini adalah sebuah foto yang diambil menggunakan kamera DSLR. Namun untuk tidak selamanya harus menggunakan kamera DSLR, dengan compact camera juga bisa ( dengan catatan kamera harus ada fitur Manual Focus ).
Bahan Raw Foto yang saya gunakan adalah :


Data Exif Foto
Camera Nikon D70 w/ Lens 50mm 1.8
Shutter Speed 1/20, f 1.8, Focal Length 50mm

Object Foto diatas merupakan kumpulan berbagai sumber cahaya dari lampu-lampu di malam hari. Foto saya ambil dengan Manual Focus agar Ring Focus pada lensa dapat diputar untuk mendapatkan foto tersebut diatas. Setelah mendapatkan foto, selanjutnya adalah Proses Editing menggunakan Adobe Photoshop. Berikut tahapannya.
  1. Buka File Foto di Adobe Photoshop ( saya menggunakan versi CS3 )
  2. Resize ke Ukuran standard wallpaper ( Approx. 1280x800 ) dengan cara , klik Tab Image, kemudian Image Size, Masukkan Angka 1280 pada ukuran Width-nya. 


3. Karena Foto Agak sedikit Gelap, maka dapat menaikkan Brightness agar lebih cerah. Diakses pada tab Image, Adjustment, Brightness and Contrast. 
4. Agar Wallpaper kelihatan memiliki tone dengan surface yang lembut maka saya gunakan salah satu tools Filter yakni Lens Blur. 


Maka akan muncul window seperti dibawah 


Untuk Adjustment Parameter yang ubah dari set defaultnya adalah:
Blur Focal Distance : 45 ; Shape : Octagon; Radius : 85; Blade Curvature : 28;  Rotation : 70; Brightness : 0 ; Threshold : 255. Selebihnya parameter mengikuti setting awal. 

5. Setelah mendapatkan hasil dari Filter Lens Blur tersebut maka selanjutnya saya masih  menggunakan salah satu tool filter Adobe Photoshop yakni Lens Flare. 


Penggunaan tools ini adalah untuk menambah flare-flare cahaya lensa. Untuk pengaturannya seperti Window dibawah.


Saya menggunakan Lens Type 50-300mm Zoom dan Brightness 90%. Sumber Cahaya pada lens flare saya arahkan ke bagian yang paling terang agar tidak terlalu kelihatan mengganggu warna lain. 

6. Selanjutnya adalah Finishing dengan menambahkan sedikit kata-kata dengan menggunakan Text Tool. 


7. Saya Memilih warna text Putih dan menambahkan sedikit Shadow pada tulisan agar terlihat sedikit jelas.


Shadow saya tambahkan dengan Blend Mode Multiply dan Opacity 79%. Distance saya ubah menjadi 11px agar kelihatan sedikit jelas.

8. Setelah itu maka tahapan selanjutnya adalah dengan menyimpan file format *jpeg atau *psd jika sewaktu-waktu ingin mengubah tulisan atau menambahkan efek-efek lain di foto tsb. Simpan File dengan klik tab File -> Save As, kemudian memilih Format berkas yang akan disimpan. 
Berikut adalah hasil dari langkah-langkah editing foto diatas.


Selamat Mencoba. 




No comments:

Post a Comment