CREATIVE WITH SPLASH - Photo Tutorial

Semua hasil foto dari tutorial ini dapat dilihat di :



Dalam postingan kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana cara membuat foto Still dengan object water splash. Foto Water Splash merupakan bagaimana cara kita untuk mendapatkan momen yang unik kemudian dituangkan ke dalam bentuk gambar digital. Momen unik ini berupa gejala cipratan air akibat adanya benturan benda atau goyangan. Dengan sedikit sentuhan kreatifitas dan ide, saya mecoba bereksperimen bagimana cara mebuat foto splash ini.
Contoh bentuk foto splash yang saya dapatkan adalah seperti berikut ini.



Peralatan yang dibutuhkan untuk membuat foto splash ini antara lain:
1. Kamera DSLR tentunya...(tidak harus yang canggih, saya menggunakan Nikon D3100 dan lensa 18-70mm, menggunakan lensa fix 50mm f2,8 akan lebih baik ) + Tripod
2. Sebuah flash external dengan sebuah Receiver & Trasmitter untuk flash command yang nantinya akan mengontrol Cahaya Flash pada saat pemotretan. Namun apabila Receiver dan Transmitter tidak ada dapat menggunakan flash internal kamera sebagai triggernya.
3. Gelas Kaca
4. Air yang dicampur dengan tinta printer. 
5. Benda yang nantinya akan dijatuhkan kedalam wadah gelas untuk menghasilkan splash, diusakan benda yang tidak keras (Saya menggunakan potongan buah apel). Pengalaman saya menggukan steker listrik, akhirnya gelasnya pecah... :(
6. White board atau kain putih juga bisa yang nantinya akan digunakan sebagai background.
7. Kain lap atau sesuatu yang dapat menyerap air kalau tidak mau kebanjiran....

Susunan peralatannya 


Setelah semuanya lengkap, tuangkan air yang telah diwarnai dengan tinta printer. Saya menggunakan focal length 45-50 mm sehingga tangan saya dapat menjangkau tombol shutter kamera dan menjatuhkan  benda ke gelas secara bersama-sama. Sebelumnnya saya akan cari titik fokus kamera ke bagian ujung gelas  (saya menggunakan mode Spot) kemudian setelah titik fokus terkunci saya ubah mode fokus di lensa ke Manual sehingga pada saat pemotretan kamera tidak akan mencari fokus lagi sehingga kita tidak kehilangan momen.
Saya menggunakan ISO 100, f11 dan Shutter Speed 1/200, Auto WB, untuk flash saya gunakan 1/3 Power. 
Hasil setup.


Cek ketajaman hasil Foto.


Kemudian coba ketepatan momen splash dengan shutter kamera. 
Untuk sepuluh atau lebih (kalau selalu tidak tepat) foto, fokus pada ketepatan shutter dan momen...kesalahan berikut bisa saja terjadi...
 Terlalu semangat menekan shutter...hahaha

 Mulai berhasil.... :)

Perfect Splash... :)

Tentunya kita dapat mencaoba Variasi Water Splash yang lain.



Demikan tutorial ini saya buat, mungkin dapat menjadi inspirasi bagi yang mau untuk melakukan hal-hal kreatif dengan kamera SLR nya.Tetapi apa yang saya dapatkan dari hasil eksperimen saya masih jauh dari hasil sempurna karena pasti masih banyak yang dapat melakukan lebih dari saya. :)
Salam.

No comments:

Post a Comment